fbpx

Jika Anda seorang dewasa di negara ini, kemungkinan Anda memiliki atau membiayai kendaraan jenis apa pun. Dan jika Anda punya mobil, Anda akan perlu perbaikan cepat atau lambat. Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Anda, apakah Anda memilih untuk mencoba memperbaiki diri sendiri, atau menyelesaikannya dengan layanan.

Kit darurat adalah suatu keharusan bagi mobil Anda. Anda bisa membuatnya sendiri; termasuk hal-hal yang harus Anda pakai cadangan, tambahkan gas atau isi baterai. Jangan lupa selimut dan senter yang bagus dengan beberapa baterai.

Baca manual pemilik Anda secara menyeluruh jika Anda ingin menghemat uang untuk perbaikan otomatis. Dalam manual ini, Anda dapat menemukan banyak tips dan trik yang dapat membuat mobil Anda kembali ke persneling dan menghemat perjalanan ke mekanik. Memperbaiki masalah sendiri dapat membantu Anda dalam arti praktis dan moneter.

Pastikan untuk membaca manual pemilik Anda untuk mengetahui jenis cairan apa (minyak, cairan rem, cairan transmisi, cairan kemudi) yang dibutuhkan mobil Anda dan untuk mempelajari cara mengecek dan melengkapi ini sendiri. Simpan beberapa botol setiap cairan di bagasi mobil Anda jika terjadi keadaan darurat.

Manfaatkan inspeksi gratis, tetapi jangan hanya memperbaikinya dalam daftar. Mungkin akan ada satu atau dua item tambahan yang ditambahkan yang tidak sepenuhnya diperlukan. Jika Anda sedikit uang, tanyakan pada teknisi barang mana yang paling penting untuk menjaga mobil berjalan dengan aman. Selesaikan ini segera, dan simpan untuk sisa pekerjaan.

Jika Anda membawa mobil Anda ke montir, pastikan mereka memiliki lisensi dan kredensial yang tepat. Sebelum membuat janji temu, periksa ulasan mereka secara daring dan pendapat mereka dengan Better Business Bureau. Jangan hanya melihat ulasan positif, tetapi lihat bagaimana perusahaan merespons umpan balik negatif. Setiap bisnis memiliki masalah sesekali, dan jika mereka menangani masalah dengan cepat dan sopan, mereka mungkin layak untuk dilihat lagi.

Hindari perbaikan mobil yang mahal dengan tetap berpegang pada jadwal perawatan pabrikan mobil Anda. Dengan melakukan perawatan rutin pada mobil Anda bila perlu, Anda akan menghindari keharusan memperbaiki hal-hal karena kelalaian pemeliharaan. Tidak mengikuti jadwal perawatan akan menghasilkan perbaikan yang tidak perlu yang bisa dihindari.

Pahami proses penagihan di bengkel otomatis yang Anda kunjungi. Dalam banyak kasus, Anda bisa mendapatkan tagihan untuk tenaga kerja berdasarkan berapa lama produsen berpikir akan diperlukan untuk memperbaiki mobil Anda. Perjelas cara kerjanya di toko mana pun Anda membawa mobil.

Awasi genangan air basah di bawah mobil Anda. Warna dan konsistensi dapat membantu Anda memecahkan masalah. Jika berwarna biru pastel, kuning-hijau atau fluoresen-oranye, itu mungkin merupakan kebocoran antibeku karena selang yang buruk, radiator yang bocor, atau pompa air, atau mesin yang terlalu panas. Genangan air coklat gelap atau hitam dapat berarti paking atau segel yang buruk menyebabkan kebocoran. Genangan air berminyak merah biasanya disebabkan oleh power-steering atau kebocoran cairan transmisi. Genangan air jernih biasanya tidak perlu dikhawatirkan, karena mungkin kondensasi dari kendaraan.

Jika Anda merasakan getaran saat mengemudi atau kesulitan menyetir, Anda harus melihat ke arah mobil. Masalahnya bisa disebabkan oleh roda yang tidak selaras, transmisi rusak atau suspensi rusak. Anda harus memeriksa masalah sebelum menjadi lebih buruk.

Jangan pernah membeli dari mekanik yang berjanji bahwa suku cadang akan bertahan selama masa pakai kendaraan. Ini hanya taktik penjualan yang memungkinkan mereka mengenakan biaya lebih banyak. Beberapa mobil, misalnya, memang dilengkapi dengan cairan transmisi yang menyatakan tahan seumur hidup. Memang benar bahwa cairan ini tidak membutuhkan perawatan sebanyak cairan lain di kendaraan Anda, tetapi Anda masih harus menggantinya setelah 80.000 mil.

Ketika Anda membawa mobil Anda ke bengkel mobil, cobalah untuk memiliki deskripsi masalah yang baik. Memberitahu mekanik bahwa mobil itu rusak tidak akan membantunya menyelesaikan masalah. Berikan detail. Anda harus tahu berapa lama masalah telah ada dan kapan itu terjadi. Perhatikan apakah lampu peringatan dasbor menyala atau tidak. Jelaskan suara, bau, atau getaran apa pun yang menyertai masalah tersebut.

Ketahui apa yang direkomendasikan pabrikan Anda untuk mobil Anda. Jika Anda membawa kendaraan Anda untuk diperbaiki, dan Anda menerima informasi yang bertentangan, pergi ke tempat lain. Anda juga dapat menghubungi teknisi pada perbedaan tersebut. Tanyakan kepada mereka mengapa mereka mengatakan sesuatu yang berbeda dari pabrikan. Mungkin ada alasan bagus, atau mereka mungkin hanya mencoba untuk berbicara di sekitar Anda.

Selalu minta perkiraan secara tertulis sebelum Anda setuju untuk melakukan pekerjaan apa pun. Dengan cara ini, jika toko mencoba menagih Anda lebih lama, Anda akan memiliki perkiraan untuk membuktikan apa yang telah Anda setujui. Beberapa toko melakukan ini secara teratur, jadi pastikan untuk melindungi diri Anda sendiri dengan mendapatkannya secara tertulis.

Jika Anda pergi ke montir mobil dan Anda mengajukan banyak pertanyaan, perhatikan perilakunya. Sangat normal bagi orang untuk memiliki pertanyaan tentang perbaikan kendaraan. Jika sepertinya dia terganggu dengan Anda mengajukan pertanyaan, Anda mungkin harus pergi ke tempat lain untuk menyelesaikan perbaikan Anda.

Perbaikan otomatis Anda akan dilakukan untuk memilih antara garasi independen dan pusat layanan dealer. Garasi independen mungkin dapat membuat perbaikan Anda dengan lebih sedikit uang. Pusat servis dealer memiliki pengetahuan tentang model dan pembuatan mobil Anda yang dapat membuat perbaikan menjadi lebih lancar. Keduanya menawarkan keuntungan yang harus Anda gunakan untuk membuat keputusan.

Sekarang Anda telah membaca artikel ini, Anda harus memiliki ide tentang apa yang harus diingat ketika Anda membutuhkan perbaikan otomatis. Memperbaiki kendaraan Anda dapat membantu Anda memiliki rasa percaya diri di jalan, jadi pastikan Anda menjaga mobil Anda berjalan baik dengan menggunakan tips di sini. Dengan begitu, Anda dapat menjaga mobil Anda selama Anda membutuhkannya.